Hentikan Penyebaran Kuman dengan Cara Ini!

Hentikan Penyebaran Kuman dengan Cara Ini!

Bakteri yang baru atau “bakteri super” merupakan jenis bakteri yang tidak dapat dibunuh oleh antibiotik jenis apa pun, termasuk di dalamnya adalah bakteri tuberkulosis, gonorrhea, serta bakteri stafilokokus. Menurut data dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention), setiap tahun “bakteri super” ini membunuh sebanyak 2 juta orang di dunia dan 23,000 orang di Amerika.
    

“Bakteri super” dapat terbentuk oleh beberapa hal, seperti penggunaan antibiotik yang salah sehingga bakteri semakin kuat dan antibiotik menjadi tidak ampuh lagi untuk membunuh bakteri.

Banyak peneliti yang telah berusaha mencari beberapa cara baru untuk mencegah perkembangan kuman super. Salah satunya adalah mencari pemeriksaan diagnostik yang dapat lebih cepat mengidentifikasi infeksi.

Selagi para peneliti ini mencari cara untuk melawan kuman, Anda juga dapat membantu mereka dengan cara mencegah penyebaran kuman. Caranya adalah mencegah agar kuman tidak menginfeksi diri Anda atau orang lain di sekitar Anda sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi antibiotik.

Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebaran kuman:


  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan
  • Hindari menggunakan barang pribadi bersama orang lain, misalnya handuk atau pisau cukur
  • Bersihkan seluruh bahan masakan sebelum dimasak, misalnya mencuci buah dan mengupas kulitnya sebelum disantap
  • Mandi secara teratur teratur setiap hari terutama setelah beraktivitas, dan seterusnya

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di halaman website kami.

Ditulis oleh:

Berbagi artikel ini

TOP