Hindari 5 Hal Penyebab Penyakit Ini Agar Tak Mudah Sakit!

Hindari 5 Hal Penyebab Penyakit Ini Agar Tak Mudah Sakit!

Tubuh yang sehat tentu adalah dambaan setiap orang. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki tubuh yang selalu sehat. Sebagian orang sering terserang penyakit. Jika sudah demikian, aktivitas harian pun jadi terganggu. Nah, agar tak gampang sakit, yuk cari tahu penyebab umumnya terlebih dulu! Berikut 5 di antaranya.

1. Lupa cuci tangan pakai sabun

Agar tak mudah sakit, Anda harus mewaspadai pemicunya terlebih dulu. Salah satu yang bisa menjadi pemicu penyakit adalah kebiasaan lupa cuci tangan pakai sabun . Padahal, upaya sederhana ini sangat penting dalam memutus penyebaran kuman penyebab penyakit. Atau, mungkin saja selama ini Anda sudah membiasakan diri cuci tangan, tapi sayangnya tak selalu menggunakan sabun. Wajar jika kemudian Anda jadi rentan terkena penyakit. Hal ini disebabkan oleh kuman penyakit yang masih menempel di tangan Anda yang tidak dicuci bersih pakai sabun.

2. Konsumsi fast food yang berlebihan

Selain kebiasaan buruk lupa cuci tangan pakai sabun, penyebab penyakit lainnya juga termasuk konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan. Makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng, sosis, dan semacamnya memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Mengonsumsi makanan tersebut hanya akan memicu terjadinya ketidakseimbangan sistem di dalam tubuh. Inilah yang kemudian yang membuat tubuh jadi rentan terkena penyakit. Jadi, pastikan untuk membatasi konsumsi makanan yang tidak sehat, ya.

3. Hewan peliharaan yang terkontaminasi virus

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing ternyata juga bisa jadi salah satu penyebab penyakit, lho. Biasanya, kuman penyakit dapat bersarang di bulunya yang lembut. Karenanya, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan hewan peliharaan dengan memandikannya secara berkala. Dengan kebersihan yang terjaga, risiko penyakit pada hewan peliharaan pun bisa ditekan. Anda dan keluarga juga dapat terhindar dari penyakit yang dibawanya.

4. Luka yang tidak dirawat dengan baik

Jangan pernah menganggap remeh luka sekecil apa pun. Rawatlah luka dengan baik agar tidak menjadi jalan masuk kuman penyebab penyakit . Perlu diketahui, luka yang tidak terawat dengan baik sangat disukai oleh kuman. Nah, jika kuman sampai masuk melalui luka, tubuh pun bisa terinfeksi. Kedatangan penyakit pun hanya tinggal menunggu waktu. Anda tentu tidak mau hal ini sampai terjadi, khususnya terhadap si kecil, bukan?

5. Radiasi elektromagnetik

Ada satu lagi yang juga bisa menyebabkan penyakit, yaitu radiasi elektromagnetik. Radiasi yang satu ini paling banyak dihasilkan oleh penggunaan ponsel dan gadget serupa. Bahkan, The Environmental Protection Agency di Amerika Serikat melaporkan hasil penelitian bahwa paparan berlebih terhadap radiasi elektromagnetik dapat meningkatkan risiko terkena leukimia dan kanker. Karenanya, pastikan untuk selalu bijak menggunakan ponsel dan gadget sejenis lainnya, ya.

Yuk, mulailah hidup sehat sekarang juga dengan menghindari 5 hal umum penyebab penyakit di atas!

Sumber:

Diakses tanggal 5 Oktober 2015

Berbagi artikel ini

TOP