3 Cara Seru Menjaga Kesehatan Anak

3 Cara Seru Menjaga Kesehatan Anak

Kesehatan adalah kebutuhan yang paling mendasar bagi setiap orang, tanpa terkecuali bagi buah hati Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak . Namun, dari sekian banyak cara yang ada, pastikan Anda tetap selektif memilihnya. Pilihlah cara yang seru dan simple untuk menjaga kesehatan si kecil. Apa saja cara seru yang bisa dilakukan? Berikut 3 cara yang bisa Anda lakukan agar si kecil tak gampang sakit.

Sajikan makanan bergizi

Langkah pertama dalam menjaga kesehatan anak adalah memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan memberinya makanan bergizi. Sayuran, kacang-kacangan, dan ikan adalah sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Namun sayangnya tak semua anak suka menu sayuran. Jika si kecil tak suka sayur, lakukan saja modifikasi pada menu makanannya agar penampilannya lebih menarik. Misalnya, memotong wortel menjadi bentuk bunga favoritnya atau manyusun aneka sayuran menjadi bentuk wajah binatang favoritnya. Agar lebih seru, ajak juga si kecil untuk menyiapkan makanannya sendiri. Dengan begitu, si kecil pasti semangat menghabiskan makanannya.

Ajak rutin berolahraga

Selain memastikan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi, Anda juga perlu mengajaknya rutin berolahraga. Cara menjaga kesehatan anak yang satu ini bisa dibilang lebih mudah untuk direalisasikan mengingat kebanyakan anak senang aktif bergerak. Luangkanlah waktu di akhir pekan untuk mengajaknya bermain sepeda atau menari diiringi musik agar kemampuan motorik dan otot tubuhnya terlatih. Buatlah suasana yang menyenangkan setiap kali berolahraga bersama si kecil agar ia tak mudah bosan.

Biasakan cuci tangan pakai sabun

Sebagian anak biasanya susah untuk cuci tangan pakai sabun , terutama sebelum makan. Nah, jika hal ini terjadi, segera siasati dengan hal yang menarik baginya. Misalnya, ajak ia cuci tangan pakai sabun sambil menyanyikan lagu favoritnya atau memainkan games yang seru. Anda juga bisa menempatkan sabun anti bakteri di dalam botol atau tempat bergambar kartun favoritnya. Dengan demikian, diharapkan si kecil tertarik melakukan kebiasaan baik ini.

Nah itulah tadi 3 cara seru menjaga kesehatan anak yang bisa Anda lakukan. Dengan menerapkan ketiganya, diharapkan perlindungan kesehatan si kecil jadi makin optimal dan ia pun tak gampang sakit. Jika si kecil selalu sehat, Anda pun bisa bernapas lega karenanya. Selanjutnya, Anda bisa menikmati setiap momen perkembangan si kecil yang sehat dan ceria.

Sumber:

Diakses tanggal 6 Oktober 2015

Berbagi artikel ini

TOP