Waspada 3 Cara Penyebaran Kuman Agar Tubuh Tetap Sehat

Waspada 3 Cara Penyebaran Kuman Agar Tubuh Tetap Sehat

Kuman, baik bakteri maupun virus, ada di mana-mana. Mereka juga berevolusi lebih cepat dan kuat dari sebelumnya. Sehingga, Anda harus lebih cerdas membentengi diri agar tak mudah terinfeksi oleh makhluk berukuran kecil penyebab penyakit tersebut. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan agar kuman enggan menginfeksi tubuh kita adalah dengan mengetahui cara penyebarannya. Bagaimana kuman bisa menyebar? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Perabotan rumah

Kuman biasanya berkumpul di permukaan benda-benda yang ada di sekitar Anda. Sebut saja beberapa perabotan seperti meja dan kursi. Selain keduanya, kuman juga bisa ditemukan di kran air dan di permukaan lantai. Maka dari itu, rajin-rajinlah membersihkan lantai dan perabotan rumah. Akan jauh lebih baik jika pembersihan dilakukan dengan cairan disinfektan untuk membunuh kuman yang mungkin menempel.

Makanan

Selain menempel di permukaan perabotan rumah dan lantai, kuman juga bisa ditemukan di permukaan makanan yang tidak ditutup. Karenanya, Anda dan keluarga harus waspada jika hendak membeli makanan atau jajanan, terutama si kecil. Agar lebih aman, Anda bisa membuatkan bekal khusus untuknya agar ia tak jajan sembarangan. Dengan begitu, ia bisa terhindar dari kuman yang masuk melalui makanan dan jajanan yang tidak ditutup. Selain jajanan, waspadai juga sayuran dan buah yang akan disajikan untuk keluarga Anda. Keduanya bisa menjadi sumber kuman. Pastikan untuk selalu mencuci bersih sayuran dan buah yang akan dikonsumsi. Disarankan untuk memasak sayuran hingga matang agar terbebas dari bakteri seperti listeria maupun E. Coli.

Udara

Kuman ternyata tak hanya bisa dijumpai di perabotan rumah, lantai, dan makanan, tetapi juga di udara yang Anda hirup. Hal ini terjadi karena kuman yang berasal dari orang yang sakit dapat menyebar ke udara melalui bersin dan batuk. Untuk menghindari kuman tersebut, Anda bisa menggunakan masker setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Jagalah kondisi tubuh dengan beristirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi, sehingga tubuh punya antibodi yang kuat untuk melawan kuman.

Nah, itulah 3 hal umum yang dapat menjadi media penyebaran kuman beserta cara pencegahannya. Ingat, kuman ada di mana-mana. Selain melakukan upaya pencegahan di atas, rutin cuci tangan pakai sabun juga harus dilakukan demi menjaga kesehatan Anda. Hal ini tentu saja karena tangan adalah media yang paling utama dalam hal penyebaran kuman. Yuk, mulailah lebih waspada terhadap penyebaran kuman!

Sumber:

Diakses tanggal 6 Oktober 2015

Berbagi artikel ini

TOP