7 Langkah Cuci Tangan yang Disarankan Agar Bebas Kuman

7 Langkah Cuci Tangan yang Disarankan Agar Bebas Kuman

Cuci tangan pakai sabun merupakan cara termudah yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari kuman. Sayangnya, kebiasaan baik ini masih sering kali diabaikan atau dilakukan tanpa tahapan atau langkah yang disarankan. Ada 7 langkah cuci tangan yang perlu diikuti agar tangan benar-benar terbebas dari kuman. Apa sajakah langkahnya?

1. Basahi tangan dengan air

7 langkah cuci tangan pakai sabun yang pertama adalah membasahi kedua tangan dengan air. Anda bisa menggunakan air hangat atau dingin untuk membasuh kedua tangan. Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan langkah selanjutnya, yaitu penggunaan sabun. Terutama, jika sabun yang digunakan adalah sabun batangan.

2. Gunakan sabun

Setelah membasahi kedua tangan dengan air, gunakan sabun anti bakteri. Disarankan untuk menggunakan sabun cair untuk meminimalisir penyebaran kuman. Hal ini dikarenakan sabun batangan lebih rentan menjadi tempat berkumpulnya kuman, terutama jika dipakai secara bergantian.

3. Aplikasikan sabun dengan benar

Aplikasikan sabun secara merata ke seluruh bagian tangan, termasuk telapak tangan, punggung tangan, pergelangan tangan, kuku, hingga sela-sela jemari. Pastikan durasinya minimal 20 detik guna memberikan kesempatan pada sabun untuk bekerja. Jadi, hindari terburu-buru saat cuci tangan, ya. Pastikan durasinya tepat agar tangan Anda benar-benar terbebas dari kuman.

4. Bilas tangan sampai bersih

Langkah selanjutnya, bilas kedua tangan sampai bersih. Bilaslah dengan air yang mengalir seperti di wastafel agar kuman luruh bersama air bilasan. Pastikan juga tidak ada sisa sabun atau busa yang tertinggal pada tangan.

5. Matikan kran dengan tisu

Setelah membilas kedua tangan sampai bersih, jangan lupa untuk mematikan kran air. Gunakan selembar tisu untuk mematikan kran karena biasanya kuman juga bertengger pada kran.

6. Keringkan tangan dengan atau tisu

Jangan lupa untuk segera mengeringkan tangan dengan selembar tisu. Hal ini dilakukan agar tangan tidak lembap. Tangan yang lembap akan membuatnya rentan terkontaminasi kuman kembali.

7. Buang tisu ke tempat sampah

Setelah menggunakan tisu untuk mengeringkan tangan, jangan lupa untuk membuang sisa tisu ke tempat sampah. Selesai!

Kini, tangan Anda pun sudah terlindungi dari kuman. Biasakan untuk cuci tangan pakai sabun dengan mengikuti 7 langkah cuci tangan yang benar agar perlindungan kesehatan Anda semakin optimal. Dengan tangan yang selalu bersih, kesehatan Anda pun akan tetap terjaga.

Sumber:

Diakses tanggal 6 Oktober 2015

Berbagi artikel ini

TOP