Cara Menjaga Kebersihan Diri

Cara Menjaga Kebersihan Diri

Apa itu kebersihan diri, dan mengapa hal ini sangat penting?

Ketika bicara soal “kebersihan diri”, berarti kita membicarakan berbagai cara yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga tubuh agar selalu dalam keadaan bersih. Ini termasuk (tapi tidak selalu terbatas hal ini): mencuci tangan, mandi, menggosok gigi, dan mencuci rambut. Kebersihan diri Anda juga dipengaruhi faktor dari lingkungan, misalnya seberapa sering Anda mencuci pakaian dan seprai.

Menjaga kebersihan diri itu sangat penting, karena beberapa alasan krusial kesehatan. Alasan yang paling utama, menjaga kebersihan diri itu jadi salah satu cara terbaik agar kondisi tubuh tetap sehat dan membantu mengurangi risiko penularan penyakit terhadap Anda dan keluarga. Sebab, banyak penyakit menular, ketika bakteri jahat menjangkit orang lain dengan cara kontak langsung (sentuhan kulit dengan orang yang sakit) atau kontak tidak langsung (menyentuh suatu benda yang dipegang oleh orang yang sakit).

Selain membersihkan diri dari kuman penyakit, mandi juga dapat membersihkan minyak, kotoran, serta bakteri yang berkembang biak dalam sehari dan dapat menyebabkan bau badan. Kondisi ini, bisa memengaruhi cara orang lain memandang dan berkomunikasi dengan kita. Tentunya, hal tersebut bisa memengaruhi kepercayaan diri.

Saran Terbaik Kami untuk Menjaga Kebersihan Diri

Jangan Lupa Mandi dengan Teratur

Seberapa sering waktu Anda untuk mandi tergantung dari kondisi tubuh dan aktivitas fisik, tapi sebagian besar orang perlu mandi setidaknya sekali dalam sehari. Penggunaan sabun seperti Lifebuoy Total 10 Body Wash saat mandi, dapat bantu membunuh kuman pada tubuh. Sementara itu, Anda mungkin cukup mencuci rambut sekali setiap dua-tiga hari – yang penting adalah mengetahui mana yang terbaik bagi Anda.

Gunakan Deodoran

Seperti yang Anda ketahui, deodoran dapat bekerja untuk menyamarkan bau badan atau mengurangi intensitas keringat pada tubuh. Dikenal dalam istilah medis sebagai antiperspirants, produk ini dapat bekerja lebih efektif, terutama saat cuaca panas di luar ruangan atau ketika Anda berencana untuk berolahraga.

Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Menyikat gigi dan flossing perlu diterapkan menjadi kebiasaan sehari-hari. Idealnya, Anda harus menggosok gigi dan flossing di pagi dan malam hari – atau melakukannya setiap selesai makan untuk memberikan hasil yang lebih baik. Bila tidak merawat mulut dan gigi, Anda berisiko mengalami bau mulut, gigi berlubang, penyakit gusi, dan gangguan kesehatan mulut lainnya.

Selalu Mencuci Tangan

Saat beraktivitas seharian, tangan Anda bisa jadi tempat berkembang biak bagi kuman dan bakteri jahat. Untuk mencegahnya masuk ke dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit, sangat penting untuk melakukan cuci tangan dengan sabun antibakteri; terutama sesudah menggunakan toilet, setelah menengok atau merawat orang yang sakit, dan juga sebelum makan. Membawa Lifebuoy Total 10 Hand Sanitizer setiap kali ke luar rumah, bisa jadi salah satu cara agar Anda selalu siap untuk menjaga kebersihan tangan dari kuman.

Cuci Pakaian dan Seprai

Untuk menjaga tubuh tetap segar dan bersih, sebaiknya pakaian dan seprai juga dicuci secara berkala. Sedangkan, pakaian dalam dan pakaian lainnya yang dikenakan langsung di atas kulit, harus diganti setiap hari. Sementara, seprai lebih baik diganti setiap seminggu sekali.

Patahkan Mitos Seputar Menjaga Kebersihan Diri

Kebersihan Diri Hanya Berpengaruh untuk Saya Pribadi

Orang lain bisa merasa kurang nyaman berada di dekat Anda, bila Anda tidak menjaga kebersihan diri dengan baik. Ini mungkin akan memengaruhi cara mereka untuk bersosialisasi dengan Anda. Kurangnya kesadaran untuk membersihkan tubuh – dan khususnya kebersihan tangan – juga berarti ikut membiarkan penularan penyakit.

Penggunaan Body Spray Dapat Menjaga Kesegaran Aroma Tubuh Bila Saya Tidak Mandi

Tidak ada yang bisa menggantikan manfaat sabun, air, dan proses menggosok tubuh saat mandi! Selain itu, pemakaian deodoran yang berlebihan berdampak kurang baik bagi kesehatan kulit.

Sumber

Berbagi artikel ini

TOP